Asal Mula Gigi Palsu

Published Februari 19, 2010 by nanawidya


Pernah lihat orang yang memakai gigi palsu ?? Pastinya pernah dong. Mereka yang memakai gigi palsu bukan untuk bergaya, loh. Tapi, lebih karena kebutuhan atau lebih tepatnya karena keterpaksaan, daripada ompong dan tidak bisa bicara, lebih baik pakai gigi palsu. Iya kan …???

Tapi, tahukah kalian tentang asal usul gigi palsu ???

Berdasarkan sejarah, sakit gigi dan gigi berlubang telah dirasakan manusia sejak 25.000 tahun silam. Namun, gigipalsu baru dikenal manusia pada tahun 700 SM.

Gigi palsu pada saat itu terbuat dari gading, tulang ikan paus, atau tulang kuda nil. Lalu, untuk merekatkannya pada gusi, orang zaman dahulu menggunakan benang dari emas.

Cara seperti diatas bertahan selama 2000 tahun. Sampai kemudian pada tahun 1500, pengikat gigi diganti dengan sutera.

Gigi palsu pada abad pertengahan terbuat dari emas, perak atau batu akik. Namun, ada juga yang mengambil dari gigi mayat. Tapi, gigi dari mayat ini cepat rusak. Nah, pada abad ke – 18, Dubois De Cement, seorang dokter dari Prancis membuat gigi palsu dari bahan porselen.

Hasil pembuatannya disempurnakan menjadi lebih baik oleh Glusseppangelo, seorang dokter dari Italia yang membuat gigi palsu dari bahan pelat metal.

Pada tahun 1839, dibuatlah gigi palsu yang murah dan nyaman, yang terbuat dari karet keras yang bernama vulcanite. Dahulu, gigi palsu dari bahan vulcanite sangat populer sampai tahun 1940-an. Dan, pada saat itu juga, ditemukan bahan gigi palsu lain, yaitu akrilik.

Sekarang, di zaman yang sudah modern ini, kita tidak perlu lagi khawatir. Karena, tidak ada lagi dokter gigi yang mencabut gigi dari mayat. Karena, sekarang banyak gigi palsu  yang terbuat dari bahan akrilik atau metal.

8 comments on “Asal Mula Gigi Palsu

  • Klo mau pasang gigi palsu sama dokter risda aja cm 200rb utk gigi pertama untuk gigi selanjutnya 100rb, utk behel 3jt,untuk jaket crown gigi 1,5jt , untuk bridge gigi 1,5jt, bersihkan karang gigi 200rb, hubungi dokter gigi risda ya 02195946637 , dokter giginya baek bgt sm ramah bgt gt dl aq pasien behel dokter risda hehe

  • Sebenernya kedokter gigi risda murah tau gw aja pasang behel permanent murah atas doang 2jt trus dikasih diskon utk pembuatan gigi palsu nyokap gw aduh lebih murah dr gigi palsu puskesmas coba hub drg langganan gw drg risda 02195946637

  • Sebenernya kedokter gigi risda murah tau gw aja pasang behel permanent murah atas doang 2jt trus dikasih diskon utk pembuatan gigi palsu nyokap gw aduh lebih murah dr gigi palsu puskesmas coba hub drg langganan gw drg risda 02195946637

  • tanya dongg,, alamat lengkap praktek drg risda d mana sih? yang di bintaro katanya ada? itu alamatnya di mana ya?

  • Bolehhh minta alamat klinik drg risda, maaf ya drg widya aq mauuu bikin gigi palsu ke drg risda krn msh daerah duren sawit, drg widya mungkin bisa bantu, matur nuhun

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: