Naik Gondola Di Venesia

Published Februari 5, 2010 by nanawidya

Kota Venesia, Italia, terkenal sebagai kota air. Kota Venezia memiliki sungai yang indah. Disana juga banyak berdiri gedung antik yang megah di sepanjang tepian sungai. Salah satu hal yang membuat Venesia semakin unik karena sungainya yang penuh dengan gondola.

  • Angkutan Para Bangsawan

Gondola adalah perahu khas kota Venesia. Gondola mulai dikenal sejak awal abad 11, tepatnya sekitar tahun 1094. Dahulu, gondola dibuat khusus untuk alat transportasi para bangsawan atau orang-orang kaya saja. Namun, gondola akhirnya menjadi transportasi umum orang Venesia.

Pada abad ke 20, fungsi gondola mulai berubah. Gondola tak lagi menjadi alat transportasi orang Venesia saja, tapi sebagai alat transportasi turis. Pada saat itu orang Venesia sudah mulai menggunakan perahu boat, bukan gondola lagi.

  • Buatan Tangan

Gondola dibuat oleh tukang kayu yang disebut squeraroli. Sedangkan benkel tempat membuat gondola disebut squeri. Ada beberapa squeri yang masih aktif membuat gondola sampai sekarang. Bahan gondola terbuat dari kayu dan dibuat dengan tangan.

Untuk membuat gondola diperlukan ketrampilan khusus. Untuk membuat badan perahu agar melengkung indah perlu api khusus.

Api ini dihasilkan dari pembakaran sejenis alang-alang yang hidup di sungai. Konon, api ini bisa memanais kayu dengan baik tanpa merusaknya. Hampir semau bagian gondola terbuat dari kayu kecuali ferro (hiasan kepala) dan risso (bagian belakang perahu).

  • Mahalnya Naik Gondola

Ada yang mau berkeliling naik gondola ???, Hmm, ide yang bagus. Tapi, onkos naik gondola tidak murah loh !! Kita harus menyiapkan ongkos kurang lebih 62 Euro (1Euro kurang lebih = Rp 11.557,00) untuk berkeliling dengan gondola selama 50 menit. Gondola cukup dimuati sebanyak 6 orang. Nah, karena itu kalau ingin naik gondola lebih baik mengajak teman. Supaya ongkosnya bisa lebih murah karena kita bisa iuran, he… he…!!!

Kita bisa naik gondola dari stazi (tempat pemberhentian) yang telah tersedia. Stazi biasanya terdapat di tempat-tempat yang sering dikunjungi turis atau ditepi sungai utama di kota.

2 comments on “Naik Gondola Di Venesia

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: