Letihnya Jadi Petani

Published Oktober 1, 2009 by nanawidya

Hai temaaaannns… , sekarang aku akan menceritakan sedikit pengalamanku waktu libur puasa di rumah nenekku yang terletak di Dukuh Guyangan Desa Sukoanyar Kec. Pakel Kab. Tulungagung – Jawa Timur .
Aku sengaja memilih berlibur di rumah nenek, karena disana aku bisa mendapat pengalaman baru yang mengasikkan. Contohnya pada waktu aku menjadi seorang petani kacang hijau.
Teman, menjadi petani itu tidak mudah loh…!!, kita harus rela berpanas-panasan apalagi di saat sang raja matahari sedang memamerkan sinarnya yang terik di siang hari. Tidak cuma itu temaaann…, kita juga harus rela berjalan di sawah yang becek dan berlumpur, apalagi waktu itu kita sedang berpuasa. Wuiiihhh…. , panas banget dan kita juga akan merasakan 4L, yaitu : Lemah, Letih ,Lesu dan Lunglai
Oh ya cara menanam kacang hijau sama dengan cara menanam padi. Yaitu, kita harus berjalan mundur, karena agar kita tidak merusak kacang hijau yang sudah ditanam. Bagian dari kacang hijau yang ditanam adalah bijinya. Sebelumnya kita harus membuat lubang pada tanah terlebih dahulu. Kedalaman lubang kira – kira4 –6 cm.kacang hijau disawah
Langkah selanjutnya adalah menanam biji kacang hijau pada lubang-lubang yang telah dipersiapkan.. Setelah itu kita isi lubang yang telah di persiapkan dengan biji kacang hijau kira-kira 3 – 6 biji/lubang.
Nah , setelah biji sudah selesai ditanam di lubang-lubang yang telah dipersiapkan, langkah terakhir adalah menutup kembali lubang itu dengan abu yang dicampur dengan air. Tapi, abu tidak boleh dicampur dengan air yang terlalu banyak. Cukup sedikit saja.
Nah, itulah cara-cara menanam kacang hijau, sekaligus pengalamanku waktu menjadi seorang petani. Meskipun sangat melelahkan tapi itu adalah pengalaman yang sangat berharga dan paling mengasikkan. Sekian cerita dariku semoga bisa bermanfaat bagi teman- teman.

2 comments on “Letihnya Jadi Petani

  • @afganisme:
    wuihhh … maakasih yaw ..!!! postingan mu jg bgus… jd jangan lupa mampir terus ke blog aq …OCEEEEEEEEEE ……………!!!!!!!!!!!!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: