Pentingnya tata krama terhadap guru

Published September 3, 2009 by nanawidya

yuk taat pada guruAdab , berasal dari istilah Bahasa Arab yang artinya kebiasaan atau pola kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Menurut Imam Al-Gazali adab adalah melatih diri secara lahir dan batin untuk mencapai kesucian lahir dan batin untuk mencapai kesucian, menjadi sufi. Oleh karena itu adab adalah modal  seorang pelajar untuk mendapatkan berbagai ilmu yang bermanfaat dari guru. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa memuliakan guru. Karena, beliaulah yang memberi ilmu yang bisa kita pergunakan hingga akhir hayat kita.Seperti yang diriwayatkan oleh Syaikh Bark, Berbunyi  :

“Jadikan gurumu sebagai orang yang engkau mulikan dengan engkau menghargai dan menghormati serta bersikaplah yang lembut pada beliua. ” (syaikh bark).

Oleh karena itu guru sangat berpengaruh dalam hidup kita, karena sampai kapanpun umur dan tingginya pendidikan kita, beliaulah yang mempunyai jasa besar dalam kehidupan kita.Contohnya, jika salah satu muridnya yang sudah lulus dari sekolah dan ia sudah menjadi orang yang sukses, ia tidak boleh melupakan jasa para gurunya. Jadi, patutlah kita berterima kasih kepada guru dan tak lupa kita juga harus pandai-pandai bersyukur pada Allah SWT .Karna Allah-lah yang memberi kita otak untuk menerima berbagai bentuk pendidikan baik dalam bidang akademik maupun nonakademik yang disampaikan oleh guru.

Kita sebagai seorang pelajar wajib untuk beradab pada guru, karena beliau yang memberi kita ilmu yang bermanfaat. Jadi , kita harus selalu berlaku penuh sopan santun pada guru, baik ketika kita sedang berkata dan bertanya pada guru, tidak memotong pembicaraannya ketika beliau sedang menerangkan tentang pelajaran, dan selalu menghormati beliau dimana dan kapanpun. Meskipun, terkadang guru membuat kita jengkel, kita harus selalu berfikir jika yang guru lakukan adalah untuk kebaikan kita.

Nah, dapat disimpulkan bahwasannya beradab pada guru sangatlah penting , karena berkat beliau kita mendapat ilmu yang bermanfaat. Oleh sebab itu jangan sekali-kali kita menyakiti hati seorang guru, karena itu adalah dosa besar. Oke Guys ….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: